"CHARGER PONSEL MENGGUNAKAN TENAGA AIR"


Hellow guys... ketemu lagi di CARBITE .. kali ini saya akan sharing pengetahuan sya kepada kalian.. tadinya saya gak kepikiran membuat artikel tapi setelah saya membaca  http://apsifest.ittelkom.ac.id/index.php/en/lomba-blog saya langsung tertarik dan ingin mengikutinya... ^__^. Ok langsung saja ke pembahasannya…

ohh ya .. bagi teman² yang ingin mengikuti ajang perlombaan Blogger untuk memperkuat daya kreatifitas dan kemampuan anak bangsa INDONESIA dalam dunia IT langsung saja kawan melihat INFO dibawah ini...


logotype

  Kawan tahu gak apa sih APSIFEST itu ? Mungkin kata ini masih terdengar Baiklah jika anda baru mendengar kata APSIFEST saya akan menjelaskannya secara singkat …..
  APSIFEST (Applied Science festival) adalah  sebuah event yang diadakan oleh Fakultas Sains Institut Teknologi Telkom (IT / STTelkom).” Sebenarnya acara ini pernah diadakan juga sebelumnya lho…”. Event ini merupakan event lanjutan dari Computing Cup  2011 dan Technogine 2011 yang diadakan tahun lalu. Acara ini sangat cocok untuk kalian para Game Makers, Blogger, dan Programer, soalnya selain hadiahnya yang menggiurkan, event ini juga dapat menambah wawasan dan menambah pengalaman yang menarik tentunya.
  Sekaligus untuk memajukan bangsa dan mewujudkan masa depan yang lebih baik, Fakultas Sains Institut Teknologi Telkom mengangkat tema "Teknologi Sains Terapan untuk Kemajuan Bangsa" untuk event ini (APSIFEST2012). Waah.. menarik bukan? Semoga harapan ini dapat terwujud, dan semoga Fakultas Sains Institut Teknologi Telkom dapat menyelenggarakan  event-event yang lebih bagus dan bermanfaat lagi terutama untuk masa depan bangsa. Maju terus ITT Telkom…!
Sesuai dengan tema diatas,  kali ini saya akan membahas beberapa Teknologi Sains Terapan yaitu...

"CHARGER PONSEL MENGGUNAKAN TENAGA AIR"

 Sebelum kita bahas tentang itu, kita harus tahu dulu apa sih  ILMU KOMPUTASI DAN TEKNIK FISIKA itu ? Mungkin sebagian orang belum tahu apa sih ILMU KOMPUTASI DAN TEKNIK FISIKA itu.Nah sekarang saya akan menjelaskannya secara singkat, padatt dan jelas.

         Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.
      Kalau Teknik Fisika lebih dikenal sebagai program studi yang memperlajari hal-hal yang mengenai dengan Fisika dan Teknologi. Teknik Fisika yaitu jenis pendidikan keinsinyuran yang mempunyai dasar yang kuat dan cukup luasyang  terdiri dari ilmu-ilmu fisika dan matematika, serta dasar-dasar engineering. Profesi Teknik Fisika sering disebut sebagai frontier engineering, dan mampu bergerak pada garis batas pengembangan teknologi baru yang memanfaatkan ilmu-ilmu dasar, matematika dan fisika. “Tentunya siap bersaing lho di dunia kerja”. Integrasi dari ilmu pengetahuan ini sangat diperlukan untuk pengembangan teknologi tinggi, baik yang berlangsung saat ini maupun yang akan terjadi pada masa yang akan datang.
Untuk sekedar informasi Kurikulum Program Studi S1 Ilmu Komputasi ITT dirancang dengan total beban 145 sks untuk lama studi 4 tahun/8 semester. Bagi para mahasiswa yang dapat menjaga IP Semester tidak kurang dari 3,00 pada setiap akhir semester telah disediakan perencanaan studi melalui Skema Kurikulum Akselerasi 3,5 tahun/7 semester.
       Makannya jangan ketinggalan..! Bagi kalian Berminat mengikuti Program dari  Fakultas Institut Sains Teknologi Telkom (STT Telkom)   dan yang ingin berperan di garis batas pengembangan teknologi baru,  makannya persiapkan diri dari sekarang…!
Langsung saja ke pembahsan utamanya… ^__^

     Bingung nyari colokan listrik ? Apalagi cuma buat nge charge Hp..! Jaman sekarang teknologi udah pada canggih jadi nggak usah bingung Nah, berikut ini adalah solusinya yaitu inovasi teknologi terbaru untuk handphone dan gadget elektronik pada umumnya : Charger Ponsel Tenaga Air. Charger bernama PowerTrekk yang diproduksi oleh perusahaan Swedia, myFC ini dirancang khusus untuk melakukan pengisian daya listik peralatan-peralatan elektronik berupa gadget, baik itu Ponsel, Kamera digital, GPS, tablet dan notebook ataupun Ultrabook.Yang unik adalah "bahan bakar" yang digunakan PowerTrekk ini, yaitu air. Dengan hanya 1 sendok makan air, peralatan charger ini mampu mengisi energi ponsel untuk pemakaian 10jam.
                                
powertrekk - charger hp tenaga air
       


      Dengan memanfaatkan proses dan reaksi kimia, yaitu mengkombinasikan zat Sodium Silisida dengan air hingga menghasilkan hidrogen, yang kemudian dioleh menjadi energi listrik. Kreatif ya ^_^. Sodium Silisida sendiri bukan zat yang murni dihasilkan oleh alam, tetapi adalah zat kimia baru yang dikembangkan oleh perusahaan SiGNa Chemistry, sebuah perusahaan kimia dari New York, USA. PowerTrekk sendiri merupakan produk komersil pertama yang menggunakan zat ini.
      Peralatan charger ini mampu melakukan charging batre hampir semua peralatan gadget elektronik dengan menggunakan koneksi USB. Selain itu, Charger Tenaga Air ini bisa dipakai pada semua jenis air, baik itu air tawar, air hujan, bahkan air garam dan air genangan alias comberan... wow.. Produk keren ini dipamerkan belum lama ini di CES (Consumer Electronics Show) 2012 di Las Vegas, dengan harga dibandrol sekitar € 199 (atau         sekitar $ 260) dan penggantian "bahan bakar" Sodium Silasida dengan harga € 2/buah. Kelebihan Charger Tenaga Air ini adalah alat ini tidak dipengaruhi oleh kekuatan dan pancaran matahari seperti halnya Charger Tenaga Surya. Namun walau begitu, sepertinya alat ini tidak akan laku di Afrika dan daerah-daerah gurun seperti di negara-negara semenanjung Arabia, karena ketersediaan air yang cukup sulit di daerah tersebut, namun untuk wilayah pinggiran pantai, alat ini sepertinya adalah alternatif bagus untuk charger handphone portable.


        Proses dalam pengisian atau charging batre gadget elektronik dengan alat ini pun cukup mudah. Sodium Silisida disimpan di bagian paling bawah sebuah wadah kecil bernama PowerPukk,di bagian atas powerpukk ini, air di tuangkan seperlunya. setelah itu kunci wadah ini, dan biarkan proses kimiawi antara Sodium Silisida dan air terjadi dan berubah menjadi listrik. Setelah itu, listrik dialirkan ke port USB yang terdapat di badan PowerTrackk, yang bisa dipakai mencharger HP atau gadget anda dengan peralatan conector USB. Menurut info, proses kimiawi ini aman untuk lingkungan dan tidak beracun, satu-satunya "ampas" yang terjadi adalah uap air. Berminat? Sepertinya musti sabar, karena belum ada info kapan peralatan Charger Handphone Tenaga Air ini masuk ke Indonesia.
       
        “Jdi gak perlu bingung nyari-nyari colokan / sumber listrik cuma buat ngecharg HP…..!”

Memang apa sih manfaat dari event APSIFEST  2012 ... ? Menurut saya ada banyak manfaat dari event ini, manfaatnya yaitu...

  • Kita bisa tahu apa itu Ilmu Komputasi dan Teknik Fisika, selain itu kita bisa tahu gimana sih Jurusan Ilmu Komputasi dan Teknik Fisikan di ITTelkom 
  • Kreatifitas kita bisa tersalurkan denga adanya acara ini "Buat yang ikutan lho..!"
  • Yang penting kita bisa ngedapetin pengalaman yang pasti berharga untuk masa depan kita. "OK Kawan..?"  
  • Kita bisa ngedapetin hadiah yang menggiurkan dan menarik. “kalau kita menang”. Tapi jangan khawatir kawan walaupun kita gak menag, soalnya kita tetap mendapatkan pengalaman yang berharga pastinya.
Oh iya kawan… saya optimis saya pasti menang soalnya....
  1. Artikel yang saya buat pasti bermandfaat
  2. Saya bertekad untuk memajukan bangsa Indonesia ini dengan ilmu yang saya punya ], terutama ilmu di bidang Teknologi
  3. Bahasa yang saya pakai di artikel ini pastinya bahasa yang komunikatif yang membuat sang pembaca terasa nyaman

Oh iya kawan jangan lupa gabung di http://apsifest.ittelkom.ac.id/index.php/en/lomba-blog  ya
Ini kesempatan emas lho buat kalian GOOD LUCK
Jangan Lupa Koment ya…. >__< !

Share this article :
 

+ komentar + 10 komentar

kwkwkkw baru tau ada charger dari air

nanti buat charger pake angin ana gann ... :D

:justtrolling:

wew, manteb bang, saya sudah tau sih alasannya, tapi baru tau ni alatnya.. wkwkwkw
itu gimana yah, masih bingung cara penggunaan alatnya .. :'(


boleh nitip lapak juga ya bang
http://lostc0de.com/ ^_^

Nice Post la, :D

Anonim

berarti yg berperan penting disini adalah reaksi antara Sodium Silisida dengan air , air hanya sebagai perantara ^^ . . .

wew keren carger
/me nitip lapak juga pak http://web.herbet.web.id
jangan lupa polow ya :D

setuju sama pendapat Anonim, disini brarti yang pentingnya itu bahan kimia nya.. ^_^

cimiw.. :D

boleh juga nih sebagai bahan ajaran.. :D

Sofian

jadi tujuan post ini sekalian untuk lomba juga ya bang..
nice info bang tentang lombanya .. :)
saya pengen ikut juga ahh.. :D

kereenn bang, good luck..

itu lomba nya gmana gan ?? :o
di tarik biaya nggak ??
masih bingung, sorry ane on di hape..
PM ke fb aja ya https://www.facebook.com/Pozh1e.hackernewbie (mnta tolong) :)

ChanDrra

patut di coba

ini apaan gan???
btw nice post la... kunjungi ane ya... meski gak ikut lomba...
http://dr4goania.com

wih mantapp broo,,
ntar ane coba buat judul KTI , hahaha :D

oh iya gan, padahal ente kasih tau cara bikinnya donk, ma gimana proses nya. but this nice bro :D

An2scz, http://sman1be-system2science.blogspot.com

Posting Komentar

 
Support by : Komunitas Anak Remaja Berbasis IT
Copyright © 2011. CARBITE BLOG .COM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website | Editor : p0zh1e
Proudly powered by Blogger