“Ternyata Mikroba Bisa Menghasilkan Listrik !”


Hellow guys... selamat datang di CARBITE .. kali ini saya akan sharing pengalaman lucu sya kepada kalian.. awalnya sya tidak terpikirkan untuk menulis artikel tentang apa. tapi setelah saya membaca >>> http://apsifest.ittelkom.ac.id/index.php/en/lomba-blog saya langsung tertarik dan ingin mengikutinya... ^__^ Ok langsung saja ke pembahasannya…
ohh ya .. bagi teman² yang ingin mengikuti ajang perlombaan Blogger untuk memperkuat daya kreatifitas dan kemampuan anak bangsa INDONESIA dalam dunia IT langsung saja kawan melihat INFO dibawah ini...


  Guys pernah dengar gak kata APSIFEST …..? Mungkin kata ini masih terdengar asing bagi sebagian orang, tapi para Game Makers, Blogger, dan Programer pasti tau kan kata APSIFEST ini, apa lagi yang suka UP DATE. Baiklah jika anda baru mendengar kata APSIFEST saya akan menjelaskannya secara singkat, padat, dan jelas …..

  APSIFEST (Applied Science festival) adalah  sebuah event yang diadakan oleh Fakultas Sains Institut Teknologi Telkom (IT / ST Telkom).” Sebenarnya acara ini pernah diadakan juga sebelumnya lho…”. Event ini merupakan event lanjutan dari Computing Cup  2011 dan Technogine 2011 yang diadakan tahun lalu. Acara ini sangat cocok untuk kalian para Game Makers, Blogger, dan Programer, soalnya selain hadiahnya yang menggiurkan, event ini juga dapat menambah wawasan dan menambah pengalaman yang menarik tentunya.

  Ayo temen-temen (Programer, Game Maker, sama Blogger) tunggu apa lagi..? dari pada ngelakuin hal-hal yang gak jelas mendingan  ikut EVEN INI! Ini kesempatan emas lho buat kalian. “Ayo.. kembangkan kreatifitas kalian !”,  “GOOD LUCK” 

  Sekaligus untuk memajukan bangsa dan mewujudkan masa depan yang lebih baik, Fakultas Sains Institut Teknologi Telkom mengangkat tema "Teknologi Sains Terapan untuk Kemajuan Bangsa" untuk event ini (APSIFEST 2012). Waah.. menarik bukan? Semoga harapan ini dapat terwujud, dan semoga Fakultas Sains Institut Teknologi Telkom dapat menyelenggarakan  event-event yang lebih bagus dan bermanfaat lagi terutama untuk masa depan bangsa. Maju terus ITT Telkom…!


  Sebelum kita bahas semua tentang itu, kita harus tahu dulu apa sih  ILMU KOMPUTASI DAN TEKNIK FISIKA itu ? Mungkin sebagian orang belum tahu apa sih ILMU KOMPUTASI DAN TEKNIK FISIKA itu.Nah sekarang saya akan menjelaskannya secara singkat, padatt dan jelas.

  Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.

  Kalau Teknik Fisika lebih dikenal sebagai program studi yang memperlajari hal-hal yang mengenai dengan Fisika dan Teknologi. Teknik Fisika yaitu jenis pendidikan keinsinyuran yang mempunyai dasar yang kuat dan cukup luasyang  terdiri dari ilmu-ilmu fisika dan matematika, serta dasar-dasar engineering. Profesi Teknik Fisika sering disebut sebagai frontier engineering, dan mampu bergerak pada garis batas pengembangan teknologi baru yang memanfaatkan ilmu-ilmu dasar, matematika dan fisika. “Tentunya siap bersaing lho di dunia kerja”. Integrasi dari ilmu pengetahuan ini sangat diperlukan untuk pengembangan teknologi tinggi, baik yang berlangsung saat ini maupun yang akan terjadi pada masa yang akan datang.

  Untuk sekedar informasi Kurikulum Program Studi S1 Ilmu Komputasi ITT dirancang dengan total beban 145 sks untuk lama studi 4 tahun/8 semester. Bagi para mahasiswa yang dapat menjaga IP Semester tidak kurang dari 3,00 pada setiap akhir semester telah disediakan perencanaan studi melalui Skema Kurikulum Akselerasi 3,5 tahun/7 semester.


  Makannya jangan ketinggalan..! Bagi kalian Berminat mengikuti Program dari  Fakultas Institut Sains Teknologi Telkom (STT Telkom)   dan yang ingin berperan di garis batas pengembangan teknologi baru,  makannya persiapkan diri dari sekarang…!

Langsung saja ke pembahsan utamanya… ^__^


“Ternyata Mikroba Bisa Menghasilkan Listrik !”


Microba yang saya maksud yaitu Geobacter, Geobacter yaitu sejenis mikroba yang biasa digunakan untuk membersihkan sisa-sisa uranium. Ternyata microba yang satu ini mampu menghasilkan listrik. Ia melakukannya sambil membersihkan limbah nuklir itu dan logam beracun lainnya. Microba tmuan ini bisa membawa manfaat besar bagi situs-situs terkontaminasi limbah nuklir di masa depan.



Kunci dari ditemukannya listrik pada Geobacter tersebut adalah mengidentifikasi pili konduktif (nanowire atau bagian serupa rambut yang ada di luar Geobacter) yang melakukan aktivitas itu. Nanowire itu juga ternyata berfungsi sebagai pelindung bagi Geobacter dan memungkinkan sang bakteri hidup di lingkungan beracun.
Efektivitas pembuatan listrik Geobacter sendiri sudah teruji saat ia membersihkan situs pengolahan uranium di Rifle, Colorado, Amerika Serikat. Pada uji coba, peneliti menyuntikkan asetat ke dalam air tanah yang sudah terkontaminasi. Berhubung zat yang disuntikkan itu merupakan makanan favorit para Geobacter, ia kemudian memicu tumbuhnya komunitas Geobacter di tanah, yang pada akhirnya beramai-ramai membersihkan uranium.


Gemma Reguera, seorang mikrobiolog asal Michigan State University dan tim peneliti yang melakukan studi berhasil melakukan perubahan genetik terhadap Geobacter dengan meningkatkan produksi nanowire.”GENIUS..!”. Nanowire yang telah dimodifikasi ini mampu meningkatkan efisiensi kemampuan bakteri dalam melumpuhkan uranium secara proporsional sesuai jumlah nanowire serta meningkatkan kelangsungan hidupnya sebagai sel katalitik.
“Temuan kami secara jelas mengidentifikasi nanowire sebagai katalis utama untuk pengurangan uranium,” kata Reguera. “Intinya, mereka melakukkan electroplating dengan uranium secara alami, melumpuhkan material radioaktif dan mencegahnya bocor ke air tanah,” katanya.
Reguera telah mengajukan paten untuk mendukung risetnya, yang diharapkan dapat mendorong pengembangan bahan bakar mikrobial yang mampu menghasilkan listrik sambil membersihkan sisa-sisa bencana lingkungan.

        "Semoga saja risetnya berhasil" Jadi listrik gak pake BBM sama NUKLIR lagi, lingkungan jadi bersih kan...! >__<
       

(Sumber: Science2.0)



Memang apa sih manfaat dari event APSIFEST  2012 ... ? Menurut saya ada banyak manfaat dari event ini, manfaatnya yaitu...

  • Kita bisa tahu apa itu Ilmu Komputasi dan Teknik Fisika, selain itu kita bisa tahu gimana sih Jurusan Ilmu Komputasi dan Teknik Fisikan di ITTelkom 
  • Kreatifitas kita bisa tersalurkan denga adanya acara ini "Buat yang ikutan lho..!"
  • Yang penting kita bisa ngedapetin pengalaman yang pasti berharga untuk masa depan kita. "OK Kawan..?"  
  • Kita bisa ngedapetin hadiah yang menggiurkan dan menarik. “kalau kita menang”. Tapi jangan khawatir kawan walaupun kita gak menag, soalnya kita tetap mendapatkan pengalaman yang berharga pastinya.
Oh iya kawan… saya optimis saya pasti menang soalnya...
  1. Artikel yang saya buat pasti bermandfaat
  2. Saya bertekad untuk memajukan bangsa Indonesia ini dengan ilmu yang saya punya ], terutama ilmu di bidang Teknologi
  3. Bahasa yang saya pakai di artikel ini pastinya bahasa yang komunikatif yang membuat sang pembaca terasa nyaman

Oh iya kawan jangan lupa gabung di http://apsifest.ittelkom.ac.id/index.php/en/lomba-blog  ya
Ini kesempatan emas lho buat kalian GOOD LUCK
Jangan Lupa Koment ya…. >__< !
Share this article :
 

+ komentar + 2 komentar

Anonim

Atikel yang bagus

Artikel yang bagus

Posting Komentar

 
Support by : Komunitas Anak Remaja Berbasis IT
Copyright © 2011. CARBITE BLOG .COM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website | Editor : p0zh1e
Proudly powered by Blogger